KBRI Moskow Siap Gelar Festival Indonesia Jilid II di Rusia

By Admin

nusakini.com--Menyusul keberhasilan penyelenggaraan Festival Indonesia 2016 (20-21 Agustus 2016) di Hermitage Garden Moskow, KBRI Moskow kembali menggelar Festival Indonesia 2017 (FI 17) di tempat yang sama pada tanggal 4-6 Agustus 2017. 

  Festival akan didahului dengan penyelenggaraan Forum Bisnis di Hotel Intercontinental Moskow sebagai rangkaian FI 17 pada tanggal 4 Agustus 2017 jam 09.00 – 12.00. Forum ini merupakan ajang promosi Indonesia di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata.   

Usai Forum Bisnis langsung diadakan acara pembukaan resmi FI 17 di Hermitage Garden (yang letaknya berdekatan dengan Hotel Intercontinental) Direncanakan FI 17 dibuka oleh Menteri Kebudayaan Federal Rusia dan Duta Besar RI Moskow disaksikan oleh Menteri Perdagangan RI, Menteri Pariwisata RI dan Kepala BKPM (tbc) Setiap hari FI diselenggarakan mulai jam 12.00 – 21.00. 

Tema FI 17 adalah “Visit Wonderful Indonesia – Enjoy its Diversity”. Dengan tema ini FI 17 memfokuskan diri pada potensi daerah-daerah Indonesia di bidang Pariwisata, Investas dan Perdagangan, terutama untuk kalangan UKM. FI 17 digelar dalam berbagai kegiatan diantaranya dalam bentuk pameran / display komoditas ekspor Indonesia, display potensi pariwisata Indonesia, pergelaran seni dan budaya di panggung utama, pameran foto, parade pakaian nasional, peragaan busana, cooking-class, pagelaran wayang kulit, workshop batik dan kerajinan tangan, penjualan kuliner Indonesia, arena permainan (surfing dan diving), spa dan aroma terapi.

Kegiatan bisnis juga disediakan untuk mempertemukan potensial buyer / investor Rusia dengan para pengusaha Indonesia / Pemerintah Indonesia di satu stand khusus. Komoditas ekspor Kelapa Sawit Indonesia juga akan ditampilkan selama FI 17. 

KBRI Moskow menyediakan 41 tenda ukuran 3 x 3 untuk peserta yang bernaung di bawah Pemerintah Daerah di Indonesia. Di samping itu 26 stand kayu (2x4) untuk 26 perusahaan secara individual. Pemda yang telah menyatakan kesediaannya untuk turut serta dalam FI 17 yaitu Pemprov Aceh, Pemprov Sumatra Utara, Pemprov Bengkulu, DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat, Pemprov Jawa Tengah, Pemprov Jatim, Pemprov Papua, Pemprov Bali dan berbagai Pemda tingkat Kabupaten / Pemerintah Kota, serta sekitar 30 pengusaha individual yang bergerak di bidang garment, handycraft, kuliner, peralatan olahraga, minuman (kopi) dll. 

Penyelenggaraan FI 17 dilaksanakan dengan anggaran KBRI Moksow dan didukung oleh Direktorat Eropa III, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perdagangan, serta perusahaan-perusahaan swasta nasional baik dari Indonesia maupun Rusia. 

Sebagai rangkaian FI 17 akan diselenggarakan juga peluncuran Paviliun Indonesia di Food City Moskow, yang merupakan ajang Permanent Display untuk komoditas ekspor industri pangan Indonesia di Rusia.

Di samping itu beberapa Pemda Indonesia yang menjadi peserta FI 17 akan menyelenggarakan pertemuan-pertemuan dengan mitra kerja Pemernitah Daerah Rusia, di antaranya Pemprov Jawa Barat dengan Negara Bagian Bakhortostan, DKI dengan Moskow. 

Diharapkan FI 17 akan dihadiri oleh sekitar 100 ribu pengunjung selama 3 (tiga) hari kegiatan, serta sekitar 500 peserta dari Indonesia.

Sebagai perbandingan, FI 16 dihadiri oleh lebih dari 68,297 pengunjung (untuk 2 hari kegiatan) dan sekitar 400 peserta Indonesia. Jumlah audience​ pemberitaan 116 juta tentang FI 16, meliputi pengumuman, terjemahan, siaran, interview, med-sos, kontes, pengunjung yang mengakses akun FI (on maupun offline)yang menyebutkan kata kunci “Festival Indonesia”. Jumlah media : 30 media partner,150 perwakilan media dan bloggers. (p/ab)